Situs informasi Astronomi, Menyajikan fenomena terkini Astronomi, lokal, Nasional dan Dunia.

Senin, 02 September 2019

6 September 2019, Bulan dan Jupiter Berkonjungsi

Ada banyak fenomena langit yang terjadi di alam ini, salah satunya adalah konjungsi Bulan dan Jupiter. Konjungsi adalah suatu keadaan dimana dua atau lebih benda langit berada pada satu bidang yang sejajar dengan selisih maksimal 0 derajat. Sederhananya, konjungsi adalah keberadaan dua benda langit yang saling berdekatan dan mudah untuk diamati pada waktu yang sama.


Pada tanggal 6 September 2019, tepatnya setelah Matahari terbenam kita dapat mengamati dua benda langit yang saling berdekatan yakni bulan dan planet Jupiter. Planet ini  merupakan planet terbesar dalam tata surya kita, dengan ciri khasnya adalah berwarna orange ke jingga-jinggaan.



Baca juga; Tehnik memotret benda langit

Adapun selisih posisi antara bulan dan Jupiter adalah sekitar 2 derajat 25 menit, dengan tingkat illuminasi  sebesar 53,8 % yang akan mengalami tingkat pencahayaan sempurna pada saat Full Moon. Sedangkan tinggkat kecerahan planet Jupiter pada tanggal 6 September 2019 adalah 99,1 %, artinya planet jupiter akan nampak lebih terang dibandingkan dengan bulan.
Share:

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

About Me